Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

BPS dan Pemkab Subang Launchin Desa Cantik di Wantilan

JIMAT.ID – Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi didampingi Deputi Bidang Neraca dan Analis Statistik RI, Kepala BPS Provinsi Jawa Barat, Kepala BPS Kabupaten Subang dan Wakil Rektor IV Unisba melaunching Desa Cantik (Cinta Statistik) Wantilan Kabupaten Subang di aula Sawala Ageung Fave Hotel Subang yang ditandai dengan pemukulan gendang, Kamis (31/3/2022).

Launching pembinaan Desa Cantik Wantilan  ini untuk terbangunnya data profil potensi desa yang update, juga untuk terbangunnya data profil potensi desa yang update.

Kepala BPS Jawa Barat, Dyah Anugrah Kusumadani, mengatakan, Desa Cantik (Cinta Statistik) merupakan program upaya penguatan BPS untuk terus mengembangkan inovasi yang mengarah kepada pembinaan sektoral salah satunya pembinaan kepada desa Cantik. Program tersebut sudah dilaksanakan sejak 2021 dan merupakan program nasional untuk desa dan kelurahan yang ada di Indonesia.

“Kegiatan program Desa Cantik Wantilan, Kecamatan Cipeundeuy Subang, merupakan kegiatan kolaborasi antara BPS Provinsi Jawa Barat dengan Universitas Islam Bandung (Unisba),” kata Dyah.

Wakil Rektor IV UNISBA, Dr. Ratna Januarita, berharap dengan membangun Desa Cantik ini bisa menjadi trend yang efektif dalam pembangunan, sebagai mewujudkan  cita-cita sebagai perguruan tinggi Islam yang maju, mandiri dan terkemuka di asia pada tahun 2023 serta bisa bermanfaat bagi bangsa dan Negara.

“Semangat kerjasama berbagai pihak ini akan menjadi sinergi yang produktif, efektif, positif dan bermanfaat dan berkah bagi Desa Wantilan Kecamatan Cipeundeuy Subang dan semua elemen kuntributor lainnya seperti Unisba,” kata Ratna.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur atau yang akrab disapa Kang Akur, mengatakan, data merupakan jenis kekayaan baru bangsa, kini data lebih berharga dari minyak.

“Artinya, data harus yang berkualitas, karena dari data yang berkualitas akan menghasilkan pembangunan yang tepat guna, tepat sasaran, adaktif dan berkelanjutan,” kata Kang Akur.

Ia memberikan apresiasi kepada BPS RI dan Unisba yang telah memilih Desa Wantilan, yang ditunjuk sebagai lokasi pelaksanaan inovasi Desa Cantik (Cinta Statistik). Diharapkan program Desa Cantik dapat meningkatkan kapasitas perangkat desa Wantilan dalam pengumpulan, pengolahan dan analisis data sehingga data yang dihasilkan dapat dimanfaatkan dalam berbagai kebijakan pembangunan desa.

“Program desa Cantik bisa menjadi “Rumah Besar” bagi pengumpulan data desa untuk aplikasi-aplikasi yang ada di tingkat desa serta program desa cantik dilanjutkan untuk di replikasi atau di dupilikasi di desa-desa lain yang ada di Kabupaten Subang,” jelasnya.

Deputi Bidang Neraca dan Analis Statistik RI, Moh Edy Mahmud, mengatakan, Desa Cantik adalah sebuah program peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran.

“Desa Cantik ini untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistic, standarisasi pengelolaan data statistic untuk menjaga kualitas dan keterbandingan, optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistic serta membentuk komunitas statistic pada level desa,” kata Edy.(sir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement


Trending

You May Also Like

Regional

JIMAT.ID – Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Barat, H. Dian Rahadian, SH.,MH menegaskan bahwa kepemimpinan Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Karawang secara...

Ragam

PADA MASA pandemi yang melanda hampir diseluruh dunia, yang menyebabkan beberapa negara termasuk Indonesia kualahan mengatasi dampak pandemi, yang merusak berbagai sektor diberbagai bidang...

Ragam

TELEVISI adalah salah satu media penyiaran yang sangat dibutuhkan oleh  masyarakat sampai saat ini. Pada awalnya televisi di Indonesia hanya TVRI, namun saat ini...

Ragam

MEDIA yang sangat bagus dan cocok untuk perkembangan dunia pendidikan adalah TV Sekolah. Karena dapat memberikan bimbingan berkala kepada para guru, siswa, dan masyarakat...