Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Siap Hadapi Dunia Industri, Institusi Pendidikan Internasional Hadir di Karawang

JIMAT.ID – Setelah diakuisisi Yayasan Triputra Persada Horizon Education, STIKes dan STMIK Kharisma berganti nama menjadi STIKes dan STMIK Horizon Karawang. Yayasan Triputra Persada Horizon Education didirikan oleh Triputra Grup dan Persada Capital Investama serta menggandeng PHINMA Education dari Filipina.

PHINMA Education yang merupakan institusi pendidikan yang sudah berpengalaman mengelola bidang pendidikan sejak tahun 2004 di Filipina. Institusi pendidikan di bawah PHINMA Education tersebut hingga saat ini  terus berkembang dan di Filipina saja membawahkan 94. 000 siswa, naik 30% dari tahun lalu yang tercatat 72. 000 siswa.

Beberapa kampus di Filipina yang berada di bawah pengelolaan PHINMA Education diantaranya Araullo University, Cagayan de Oro Univesity, Saint Jude College, Southwestern University, University of Ilolo, dan Univesity of Pangasinan.

Kehadiran PHINMA Education di Karawang tentu saja merupakan angin segar karena akan memberi nuansa internasional pada kampus STIKes dan STMIK Horizon Karawang yang berkedudukan di Jalan Raya Pangkal Perjuangan KM 1 (By Pass), Karawang tersebut.

Pengalaman Global Bagi Mahasiswa Karawang

Selain menambah sejumlah fasilitas, menyesuaikan kurikulum dengan masukan dari dunian industri dan menambah jam mata kuliah bahasa Inggris agar para mahasiswa siap menghadapi persaingan global, hadirnya PHINMA Education membuka jalan kolaborasi internasional antara para mahasiswa STIKes dan STMIK Horizon Karawang dengan para mahasiswa di kampus-kampus di bawah pengelolaan PHINMA Education di Filipina.

Secara umum program studi yang ada di kampus-kampus yang dikelola PHINMA Edication di Filipina, seperti IT, Keperawatan dan Hospitality, mirip dengan program studi yang ada di STIKes dan STMIK Horizon Karawang sehingga sangat terbuka kemungkinan kolaborasi dan bahkan kompetisi antar mahasiswa.

“Sehingga mahasiswa kita nantinya sudah terbiasa untuk berkolaborasi bukan hanya di tingkat lokal Karawang, namun juga internasional. Juga terbiasa menguji atau beradu kemampuan dalam kompetisi dengan mahasiswa dari negara lain,” papar Rolles Herwin, S.Kom, MMSI, Ketua STMIK Horizon Karawang.

Kesempatan tersebut tentu sangat berharga dimana dengan merasakan pengalaman-pengalaman tersebut, setelah lulus para mahasiwa lulusan STIKes Horizon Karawang dan STMIK Horizon Karawang tidak akan merasa canggung lagi memasuki pasar kerja, bahkan pasar kerja internasional.

Hal lain yang juga diserap oleh STIKes dan STMIK Horizon Karawang dari PHINMA Education sebagai partner internasional tersebut adalah metode pembelajaran RAM Learning. RAM Learning menawarkan fleksibilitas bagi mahasiwa yang sibuk bekerja atau berada di luar kota. Juga sangat cocok bagi yang memiliki keterbatasan akses internet karena tidak melulu mengandalkan pembelajaran lewat online.

Melalui modul RAM Learning yang disusun secara saksama, mahasiswa tak perlu selalu hadir di kampus kecuali untuk praktik mata kuliah. Namun demikian bukan berarti mahasiswa dilepas belajar sendiri, tetapi dapat setiap saat berkonsultasi dan mendapatkan bimbingan langsung dari dosen ketika menemui kesulitan mengenai materi lewat berbagai saluran komunikasi seperti WA, email, dan lain-lain. Bahkan lewat metode pembelajaran RAM Learning, dimungkinkan mahasiwa dapat menyelesaikan mata kuliah lebih cepat.

STIKes Horizon Karawang yang sebelumnya sudah sangat dikenal sebagai STIkes Kharisma merupakan perguruan tinggi pertama di Karawang yang menyediakan jurusan keperawatan. STIKes Horizon Karawang melanjutkan keunggulan-keunggulan STIKes Kharisma yang sudah diakui dan kini bertambah kuat dengan kemitraan dengan PHINMA Education sebagai mitra internasional menyediakan program studi Ners, S1 Keperawatan, D3 Keperawatan dan D3 Kebidanan yang kesemuanya terakreditasi B dari LAM-PT Kes.

Sedangkan STMIK Horizon Karawang memiliki jurusan S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, D3 Sistem Informasi dan D3 Sistem Informasi Akuntansi untuk kelas reguler serta jurusan S1 Informatika dan S1 dengan areditasi BAIK dari BAN-PT.

Dengan segala keunggulan dan kemitraan dengan PHINMA Education selaku partner internasional  tidak menjadikan STIKes dan STMIK Horizon Karawang menjadi institusi pendidikan berbiaya mahal. Sebab misi Yayasan Triputra Persada Horizon Education adalah  untuk menyediakan pendidikan berkualitas yang terjangkau bagi kaum muda Indonesia yang ingin meningkatkan taraf hidup dan memberikan kontribusi untuk daya saing bangsa menjadi manusia Indonesia yang global.

Tak heran justru di masa pandemi ini Horizon Karawang justru menyediakan beasiswa bagi para mahasiswa yang kurang mampu lewat beasiwa Keluarga Horizon yaitu potongan uang kuliah dan uang SKS hingga 50% hingga lulus.(rls/red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Regional

JIMAT.ID – Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Barat, H. Dian Rahadian, SH.,MH menegaskan bahwa kepemimpinan Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Karawang secara...

Ragam

MEDIA yang sangat bagus dan cocok untuk perkembangan dunia pendidikan adalah TV Sekolah. Karena dapat memberikan bimbingan berkala kepada para guru, siswa, dan masyarakat...

Ragam

ERA DIGITAL adalah era dimana setiap insan diminta untuk dapat melek digital. Untuk bisa survive, kita harus membuat perubahan yang baru dalam peningkatan skill....

Ragam

PADA MASA pandemi yang melanda hampir diseluruh dunia, yang menyebabkan beberapa negara termasuk Indonesia kualahan mengatasi dampak pandemi, yang merusak berbagai sektor diberbagai bidang...