Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

Agar Tidak Tertipu, Ini 5 Tips Belanja Online

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/pencarian/belanja%20online/

DI ERA DIGITAL ini, belanja jadi semakin mudah dan praktis melalui internet atau secara online. Meski begitu, Anda juga perlu mengetahui tips belanja online agar tidak tertipu. Pasalnya belanja online tidak selalu mulus, pasti ada beberapa halangan yang menyebalkan, mulai dari barang yang tidak sesuai, sulit melakukan transaksi pembayaran, dan lainnya.

Ketika berbelanja online, Anda perlu mengetahui tips memilih marketplace. Pasalnya ada beberapa tanda penipu online, seperti berpura-pura berasal dari perusahaan atau toko terkenal, mengatakan jika Anda mendapatkan hadiah tiba-tiba, memberi tekanan hingga menyuruh Anda melakukan hal-hal yang aneh.

Bagaimana Tips Belanja Online yang Aman ?

Saat ini ada banyak marketplace yang bisa Anda temukan di internet, namun tidak semua marketplace terpercaya dan bisa diandalkan. Agar belanja jadi lebih mudah dan menyenangkan, berikut ini merupakan beberapa tips belanja online yang aman, yaitu :

  1. Memilih E-commerce Terpercaya

Agar aman berbelanja online, tips pertama yang perlu Anda perhatikan yaitu memilih e-commerce terpercaya. Pastikan anda memilih e-commerce terpercaya serta direkomendasikan banyak orang. Salah satu e-commerce terbaik dan terpercaya yang bisa anda gunakan yaitu Blibli.

Blibli sudah hadir sejak tahun 2011 dan menjadi e-commerce Indonesia terbaik yang membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam memilih e-commerce terpercaya, Anda juga perlu memperhatikan verifikasi e-commerce tersebut. Disarankan Anda tidak mengklik tautan sembarangan yang ada di SMS atau email, tapi langsung kunjungi situs e-commerce tersebut.

Anda juga perlu memeriksa rating dari e-commerce tersebut. E-commerce terbaik dan terpercaya pasti memiliki rating yang bagus dan memuaskan, serta mendapatkan tanggapan positif dari para penggunanya.

  1. Mencari Tahu Reputasi Penjual atau Toko Online

Selain memiliki e-commerce terpercaya, Anda juga perlu mencari tahu reputasi penjual atau toko online di e-commerce tersebut. Hal ini membantu Anda untuk menghindari penipuan produk palsu dan merugikan.

Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan meriset toko penjual barang yang ingin dibeli. Selain itu Anda juga perlu memastikan status keaktifan toko tersebut, lamanya toko berdiri dan testimoni yang diberikan oleh para pembeli sebelumnya.

  1. Membaca Deskripsi Produk dengan Saksama

Kekurangan belanja online yaitu Anda tidak bisa melihat atau menyentuh barang secara langsung sehingga tidak tahu bagaimana kondisinya, bentuknya dan lainnya. Oleh sebab itu, Anda perlu membaca deskripsi produk dengan seksama agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Pasalnya, melihat gambar produk saja tidak cukup untuk mengetahui keadaan produk. Pastikan Anda tidak langsung tertarik dengan gambar produk yang menarik. Hal ini dilakukan untuk menanggulangi risiko barang tidak sesuai dengan yang digambar.

Membaca deskripsi produk membantu Anda mendapatkan informasi mengenai barang tersebut dengan lengkap dan jelas. Misalnya jika Anda ingin membeli baju, Anda bisa membaca deskripsi produk untuk mengetahui ukurannya, bahannya, lingkar dada, model dan lainnya.

  1. Mengecek Ulasan Produk

Tak sedikit orang yang kecewa saat belanja online karena barang yang diinginkan tidak sesuai dengan ekspektasi. Oleh sebab itu, selain membaca deskripsi sangat penting untuk mengecek ulasan produk yang diberikan oleh para pembeli sebelumnya.

Hal ini bertujuan untuk meyakinkan Anda sebelum membeli produk yang diinginkan. Jika review atau ulasan yang diberikan para pembeli sebelumnya sangat baik dan positif, Anda bisa coba memesannya. Namun jika ulasannya kurang baik, lebih baik Anda pertimbangkan lebih dulu.

  1. Gunakan Sistem Cash on Delivery

Tips belanja online agar tidak tertipu selanjutnya yaitu dengan menghindari pembayaran secara langsung atau transfer rekening, dan lebih baik memanfaatkan sistem cash on delivery atau COD. Anda bisa mencari marketplace yang menyediakan sistem cash on delivery. Cash on delivery atau COD artinya Anda membayar barang yang dibeli lewat kurir ketika barang tersebut sudah sampai.

Artinya sistem COD tidak mengharuskan Anda untuk mengirim pembayaran lebih dulu ke penjual, tetapi akan ditampung oleh pihak e-commerce dan baru dikirim ke penjual ketika barangnya sudah sampai.

Hal ini mengurangi risiko adanya penipuan barang. Jangan sampai Anda sudah mentransfer uang pembelian namun barangnya belum sampai-sampai juga. Tentu itu sangat merugikan bukan ?

Berbelanja di toko online memang memudahkan, namun jika tidak berhati-hati, Anda bisa merugi dan terkena tipu. Salah satu marketplace terpercaya yang membantu Anda dalam berbelanja yaitu Blibli.

Blibli merupakan e-commerce asli buatan Indonesia yang sudah ada sejak tahun 2011 dengan model bisnis yang fokus B2B2C (Business to Business to Consumer). Blibli merupakan marketplace yang besar dan terpercaya lawakan berbagai produk berkualitas dan original.

Setidaknya terdapat lebih dari 100.000 mitra usaha yang menjual beragam produk mulai dari produk elektronik, produk fashion dan kecantikan, kebutuhan sehari-hari hingga produk rumah tangga. Berbelanja di Blibli juga sangat aman dengan memanfaatkan sistem pembayaran Cash on Delivery.

Jangan lupa, Anda juga bisa mengikuti promo 3 3 di Blibli untuk mendapatkan produk original dengan harga murah dan terjangkau. Ada banyak promo dan keuntungan yang bisa anda dapatkan melalui promo 3 3 Blibli ini.

Itulah 5 tips belanja online agar tidak tertipu yang perlu anda perhatikan dan lakukan dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa berbelanja dengan aman, mudah dan praktis. Anda bisa berbelanja di Blibli untuk merasakan kesan berbelanja yang menyenangkan.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement


Trending

You May Also Like

Regional

JIMAT.ID – Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Barat, H. Dian Rahadian, SH.,MH menegaskan bahwa kepemimpinan Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Karawang secara...

Ragam

PADA MASA pandemi yang melanda hampir diseluruh dunia, yang menyebabkan beberapa negara termasuk Indonesia kualahan mengatasi dampak pandemi, yang merusak berbagai sektor diberbagai bidang...

Ragam

TELEVISI adalah salah satu media penyiaran yang sangat dibutuhkan oleh  masyarakat sampai saat ini. Pada awalnya televisi di Indonesia hanya TVRI, namun saat ini...

Ragam

MEDIA yang sangat bagus dan cocok untuk perkembangan dunia pendidikan adalah TV Sekolah. Karena dapat memberikan bimbingan berkala kepada para guru, siswa, dan masyarakat...