Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

Fungsi TV Sekolah Bagi Lembaga Pendidikan

TELEVISI adalah salah satu media penyiaran yang sangat dibutuhkan oleh  masyarakat sampai saat ini. Pada awalnya televisi di Indonesia hanya TVRI, namun saat ini banyak televisi swasta bermunculan seperti RCTI, SCTV, dan lain-lain, Media ini sangat bermanfaat untuk menyalurkan informasi dan mengaksesnya dengan mudah dan cepat.

Penulis : Mariasi, S.Pd.i

Kepala TK Insan Profesi (ASN) Kota Bau-Bau

Lembaga Pendidikan Menghadapi Tantangan Abad 21

Pendidikan pada abad ke-21 harus dapat mempersiapkan dan menjamin peserta didik agar memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan dan memanfaatkan teknologi dan media informasi, dapat bekerja dan bertahan dengan menggunakan konsep kecakapan hidup atau life skill yang sangat dibutuhkan.

Adapun kecakapan abad ke-21 harus dikembangkan melalui: (a) kecakapan berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving skill), (b) kecakapan berkomunikasi (communication skills), (3) kecakapan kreativitas dan inovasi (creativity and innovation), dan (4) kecakapan kolaborasi (collaboration).

Oleh karena itu, banyak Lembaga Pendidikan yang menawarkan metode pembelajaran abad ke 21 untuk menciptakan potensi peserta didiknya agar dapat berkualitas, serta dapat meningkatkan skill dan kapasitas diri agar relevan dengan kebutuhan industri 4.0 dan era Digitalisasi.

Untuk menjawab tantangan industri 4.0 maka saat ini telah hadir ditengah-tengah dunia Pendidikan, baik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai ke perguruan Tinggi yang telah menggunakan media ini sebagai media dalam mengembangkan model pembelajarannya. Media ini  tak kalah program dan fiturnya dengan media lainnya, media ini disebut Televisi (TV) Sekolah.

TV Sekolah sebagai Media Belajar bagi Lembaga Pendidikan

TV Sekolah adalah wahana belajar dan berkreasi. Televisi Sekolah berfungsi sebagai media informasi, sebagai sarana Pendidikan publik mulai Lembaga PAUD sampai ke Perguruan Tinggi. Televisi (TV) sekolah dapat menyelenggarakan siaran sendiri baik melalui laptop ataupun cukup dengan benda kecil seperti Handphone (HP) untuk menyusun playlist.

TV Sekolah memiliki Fitur diantaranya panggung sekolah, perpustakaan digital, festival TV Sekolah dan Kelas Virtual. TV Sekolah juga memuat segala informasi tentang  sekolah, kreasi siswa, program pembelajaran, perpustakaan sekolah, maupun kegiatan parenting (kegiatan orang tua murid) dan sebagainya yang telah disusun dalam playlist.

TV sekolah merupakan wadah belajar dan wadah informasi bagi guru dan siswa dalam suatu Lembaga pendidiakan dalam melaksanakan pembelajaran serta menjadi media baru bagi orang tua untuk mengawasi anaknya dalam belajar, melihat perkembangan anaknya, hanya dengan  melalui TV Sekolah.

TV Sekolah  sangat efektif digunakan dalam kondisi pandemic saat ini, karena waktu belajar anak terbatas, waktu bermain anak terbatas, sehingga dengan adanya TV Sekolah maka anak setiap hari tidak bosan dan jenuh berada dirumah, karena kegiatan mereka sudah terisi dengan menonton TV Sekolah.

Dengan adanya TV Sekolah Lembaga Pendidikan sudah dapat mengakses segala macam kegiatan sekolah dengan cepat dan mudah. Lembaga sekolah juga sudah dapat mempromosikan semua program yang akan diterapkan dalam lembaganya melalui video yang diapload, sehingga cepat dikenal oleh masyarakat luas.

Harapannya semoga TV Sekolah ini tetap terakses dan kami kembangkan di Lembaga kami di TK Insan Profesi, guna mempublikasikan semua program sekolah serta kegiatan pembelajaran TK Insan Profesi yang beralamat di Jalan Gatot Subroto RT 001/004, Kelurahan Bukit Wolio Indah, Kecamatan Wolio, Kota Bau-Bau Provinsi Sulawesi Tenggara.

TV Sekolah bukan hanya chanel semata yang tertera dalam panggung sekolah yang terdaftar dalam link TV Sekolah, namun dapat membantu kami untuk dapat mengimplementasikannya lebih luas di masyarakat Indonesia pada umumnya terkhusus di Kota Bau-Bau.

Terimakasih buat ibu Inovator Dr. Sri Watini, M.Pd Bersama Tim Wahana Belajar dan Berkreasi yang telah membimbing, mensuport dan menularkan ilmu inovasinya kepada kami  mahasiswa Pascasarjana Universitas Pancasakti, semoga chanel TV Sekolah yang kami buat ini bukan hanya sebagai prasyarat mata kuliah ”Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran”, untuk bahan UTS, namun  menjadi batu loncatan  awal kami sebagai mahasiswa dan sebagai guru untuk membuka wawasan kami agar lebih kreatif dan inovatif lagi dalam mengembangkan media pembelajaran di sekolah.

TV SEKOLAH menurut penulis adalah :

T – Televisi

V – Viturnya

S – Sempurna

E –  Efektif

K –  Kreatif

O –  Obyektif

L –  Lancar

A – Asyik dan

H – Hemat.

(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Regional

JIMAT.ID – Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Barat, H. Dian Rahadian, SH.,MH menegaskan bahwa kepemimpinan Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Karawang secara...

Ragam

MEDIA yang sangat bagus dan cocok untuk perkembangan dunia pendidikan adalah TV Sekolah. Karena dapat memberikan bimbingan berkala kepada para guru, siswa, dan masyarakat...

Ragam

ERA DIGITAL adalah era dimana setiap insan diminta untuk dapat melek digital. Untuk bisa survive, kita harus membuat perubahan yang baru dalam peningkatan skill....

Ragam

PADA MASA pandemi yang melanda hampir diseluruh dunia, yang menyebabkan beberapa negara termasuk Indonesia kualahan mengatasi dampak pandemi, yang merusak berbagai sektor diberbagai bidang...