Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

Relevansi TV Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Menuju Era Revolusi Industri 4.0

MEDIA yang sangat bagus dan cocok untuk perkembangan dunia pendidikan adalah TV Sekolah. Karena dapat memberikan bimbingan berkala kepada para guru, siswa, dan masyarakat melalui even-event pendidikan secara online maupun offline, termasuk untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Penulis : Mustamir, S.Pd

Guru SMA Muhammadiyah Kudus

Peningkatan mutu pendidikan di satuan pendidikan adalah tindakan yang diambil oleh satuan pendidikan guna memperbaiki hasil penyelenggaraan pendidikan agar sesuai dengan arah kebijakan pendidikan yang telah ditetapkan melalui peningkatan efektivitas dan efisiensi dari proses dan aktivitas pendidikan yang dilakukan.

Sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci utama bagi sebuah bangsa untuk terus berkembang maju. Oleh karena itu, agar menjadikan SDM Indonesia berkualitas, diperlukan pemupukan sejak dini. Lantas, melalui apa pemupukan SDM dilakukan ?

Pendidikan memiliki peran penting di era informasi dan pengetahuan, dimana terjadi perubahan yang cepat dalam banyak bidang kehidupan. Pikiran, pengetahuan, dan organisasi merupakan faktor penting dalam era informasi dan pengetahuan. Lembaga pendidikan harus dapat mempersiapkan profil lulusan yang memiliki kompetensi yang relevan dengan zaman baru atau era informasi.

Beberapa kompetensi yang diperlukan untuk dapat bertahan hidup di era informasi dan pengetahuan adalah :

  1. Kemampuan berpikir kritis dan kemauan untuk bekerja keras.
  2. Kreativitas.
  3. Kolaborasi.
  4. Pemahaman lintas budaya.
  5. Komunikasi.
  6. Mengoperasikan sebuah computer.
  7. Kemampuan untuk belajar secara mandiri.

Ilmu pengetahuan harus diperkuat dengan pendidikan kreativitas, pengembangan pendidikan digital. Dalam hal ini adalah TV Sekolah.

Kehadiran TV Sekolah merupakan salah satu langkah untuk mempersiapkan putra dan putri bangsa supaya bisa bersaing di era globalisasi dan digital pada masa mendatang.

Rancangan peningkatan mutu pendidikan dapat dilaksankakan melalui evaluasi capaian pendidikan, perencanaan evaluasi pendidikan, perbaikan mutu pendidikan, dan juga monitoring mutu pendidikan.

Sehingga dalam hal ini diharapkan peningkatan mutu pendidikan dapat diimplementasikan dengan TV Sekolah. “Jadikan TV Sskolah sebagai media untuk menncerdaskan kehidupan bangsa”.

Manfaat TV Sekolah untuk guru adalah sebagai media mengajar dan mendidik siswa, sebagai media mengembangkan karir (menjadi mentor, agency, guru bimbel, pembimbing ekstra kurikuler.

Sedang untuk siswa atau peserta didik, TV Sekolah bisa menjadi media belajar yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja, sebagai media pengembangan bakat siswa (menjadi kontributor, pelatih esktra kurikuler), dan sebagai sumber belajar (bisa mengakses perpustakaan digital).

TV Sekolah juga bisa sebagai media promosi sekolah dengan membuat chanel tv untuk sekolahnya, sebagai Learning Management Sistem bagi sekolah. Bagi orang tua, TV Sekolah bisa sebagai media untuk mengontrol pembelajaran anak baik materi, sumber belajarnya. Sehingga orang tua siswa bisa membimbing belajar anak di rumah.

Secara lus, TV Sekolah bagi masyarakat bisa menjadi sumber informasi dan inovasi baik berupa ide atau contoh untuk dijadikan. Motivasi bagi pengembangan dalam berbagai sektor di tengah-tengah masyarakat.

Relevansi TV Sekolah dengan era revolusi industri 4.0, society 5.0, dan digitalisasi adalah menjadi sebuah solusi dari masalah yang dihadapi di era revolusi industri 4.0, society 5.0, dan digitalisasi. Kedepan, insan TV Sekolah harus belajar untuk mengikuti perkembangan IT.

Semoga TV Sekolah yang didirikan oleh Dr. Sri Watini, M.Pd, selaku Ketua Forum Dosen Guru dan Masyarakat (FORDORUM) semakin berkembang dengan ide-ide inovasi terbaru, sehingga dapat memberikan sumbang saran yang lebih nyata pada dunia pendidikan khususnya di Indonesia.

Penulis kini sudah mempunyai chanel TV Sekolah yaitu “GENIUS CYBER HOME SHOOLLING”. Dan rencana tahun ajaran baru tahun 2022-2023 akan mendirikan SDIT yang menggunakan kurikulum 2022 dengan berbasis IT.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement


Trending

You May Also Like

Regional

JIMAT.ID – Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Barat, H. Dian Rahadian, SH.,MH menegaskan bahwa kepemimpinan Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Karawang secara...

Ragam

PADA MASA pandemi yang melanda hampir diseluruh dunia, yang menyebabkan beberapa negara termasuk Indonesia kualahan mengatasi dampak pandemi, yang merusak berbagai sektor diberbagai bidang...

Ragam

TELEVISI adalah salah satu media penyiaran yang sangat dibutuhkan oleh  masyarakat sampai saat ini. Pada awalnya televisi di Indonesia hanya TVRI, namun saat ini...

Regional

JIMAT.ID – Gedung UPTD Labratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Subang, yang terletal di Jalan Kartawigenda, diresmikan Bupati Subang H. Ruhimat, Senin, (31/1/2022). Kepala Dinas Kesehatan...