Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

TV Sekolah Menjawab Tantangan Pendidikan di Abad Ke 21

ERA DIGITAL adalah era dimana setiap insan diminta untuk dapat melek digital. Untuk bisa survive, kita harus membuat perubahan yang baru dalam peningkatan skill. Dunia saat ini dihadapkan dengan permintaan akan penguasaan ketrampilan bagi setiap individu.

Penulis : Juli Setyowati, S.Pd

Owner dan Kepala TK Mutiara Cemerlang Kabupaten Tangerang

Tak pelak lagi, sebagai pendidik pun kita wajib melakukan pembaruan di bidang pendidikan. Abad ke-21, adalah masa dimana kita harus terus berbenah diri mempelajari dan menggali pengetahuan dari berbagai bidang melalui teknologi dan digital.

Sebagai penggiat pendidikan, kita dituntut untuk memiliki penguasaan soft skill (kemampuan yang bersifat afekti dan psikomotorik), dan TV Sekolah adalah salah satu media yang mampu menjawab tantangan tersebut.

Melalui TV Sekolah, selain mempelajari hal – hal baru terkait teknologi dan digital, juga memberikan kesempatan kepada kami para guru PAUD untuk belajar mempromosikan lembaga kami ke khalayak luar yang tak terjangkau secara fisik. Karena memang di abad- 21 ini, segala sesuatu tidak efektif lagi dilakukan secara manual, tetapi dengan kecanggihan teknologi dan digital.

Manfaatnya adalah, dengan menggunakan TV Sekolah sebagai sarana mengembangkan kreativitas guru, juga mampu membuat inovasi – inovasi secara berkesinambungan bagi para pendidik.

Melihat ketertarikan anak didik kami dan kebanggaan orang tua mereka melihat anak – anak mereka dichanel panggung sekolah dan kelas virtual, menambah semangat baru bagi kami para pendidik untuk terus menggeluti dan berkolaborasi dengan timwork TV Sekolah.

Bagi masyarakat luas, TV Sekolah juga dapat digunakan untuk ajang pencarian sekolah/lembaga yang cocok bagi anak mereka kelak, dengan mempelajari karakteristik sekolah masing – masing, serta visi dan misi apa yang ditawarkan oleh lembaga tersebut.

Manfaat berikutnya adalah, tentu saja sebagai mahasiswa Pasca sarjana Paud Pancasakti Bekasi saya merasa bangga dan sangat beruntung bisa mendapatkan kesempatan untuk mengenal ibu Dr. Sri Watini, M.Pd sebagai dosen inovasi pembelajaran anak usia dini dikampus pasca sarjana Pancasakti Bekasi, yang juga sebagai pelopor dan pendiri TV Sekolah yang sudah memotivasi saya dan teman – teman dari seluruh Indonesia, memberikan ide – ide cemerlang yang belum terpikirkan sebelumnya oleh kami sebagai mahasiswa.

Banyak pembelajaran baru yang kami dapatkan bersama beliau, membuka wawasan kami seluas samudera raya yang memicu semangat kami untuk terus maju dan membuat inovasi lagi dan lagi dinegeri yang kita cintai ini.

Beberapa tahun terakhir ini, bahkan hingga berpuluh – puluh tahun kedepan, sektor industri akan semakin meningkat. Dengan penguasaan teknologi dan ketrampilan yang memadai, kita tentu dapat menentukan bagaimana kehidupan kita kelak.

Di bidang pendidikan, penerapan pendidikan 4.0 society 5.0 yang mengedepankan kemampuan critical thinking, communication, problem solving, collaboration, dan creativity,menjadi salah satu syarat untuk dapat bersaing didunia global. Disinilah peran TV Sekolah dalam memfasilitasi kami para guru untuk terus melakukan inovasi dan pembenahan dilembaga kami masing – masing.

Yang penting ialah berani mencoba dan terus mencoba, sampai kata berhasil itu ada dalam genggaman kita. Walaupun memang tantangan terus bermunculan, jangan menyurutkan niat kita untuk terus maju dan berinovasi.

Tantangan bagi kami dan TV Sekolah pastinya adalah agar tidak tertinggal, dengan terus melakukan inovasi – inovasi, baik dari fitur – fitur yang sudah ada, ataupun program penayangannya. Sekalipun memang banyak sekali fitur yang dapat diakses di TV Sekolah, diantaranya; panggung sekolah, perpustakaan digital, kelas virtual dan masih banyak lagi.

Tetapi kita tidak boleh berpuas diri dengan semua itu. Karena di zaman revolusi industry 4.0 ini, yang manusia sudah lebih modern, dunia maya menjadi kebutuhan utama dalam memenuhi keingintahuan kita.

Untuk itu, penayangan TV Chanel akan semakin menjamur secara online. Dan TV Sekolah harus siap bersaing secara global dalam mengatasi tantangan – tantangan yang akan terus berdatangan.

TV Sekolah telah memperikan banyak edukasi bagi saya dan rekan – rekan mahasiswa Pasca sarjana dalam mengembangkan pembelajaran dilembaga kami masing – masing, sehingga kami dapat memperluas wawasan dan pengetahuan kami tentang bagaimana melakukan pembelajaran yang aktif, menyenangkan dan berfokus pada anak. Selain itu, kami dapat memperkenalkan visi dan misi lembaga kami masing – masing melalui channel yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

Kiranya pendidikan paud yang akan datang, akan makin berkembang dengan adanya TV Sekolah. Karena melalui media belajar yang semakin baik, akan tercipta kualitas pendidikan yang cemerlang bagi lembaga dan anak didik kita.

Semoga dengan adanya kolaborasi antara lembaga kami dan TV Sekolah, pengetahuan kami sebagai pendidik dapat semakin berkembang dan anak didik kami dapat melakukan pembelajaran yang menyenangkan baik secara daring ataupun luring.

Dengan memiliki pengetahuan tentang teknologi digital sebagai alat dan manusia menjadi bagian dari teknologi tersebut, diharapkan ditahun – tahun yang akan datang, guru – guru paud akan semakin terdepan dan mampu bersaing dengan negara lain dibidang pendidikan. Terimakasih yang tak terhingga kepada Universitas Pancasakti Bekasi dan Ibu Dr. sri Watini, M.Pd yang sudah memberikan peluang bagi kami untuk maju dan terus berinovasi. Salam satu profesi.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement


Trending

You May Also Like

Regional

JIMAT.ID – Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Barat, H. Dian Rahadian, SH.,MH menegaskan bahwa kepemimpinan Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Karawang secara...

Ragam

PADA MASA pandemi yang melanda hampir diseluruh dunia, yang menyebabkan beberapa negara termasuk Indonesia kualahan mengatasi dampak pandemi, yang merusak berbagai sektor diberbagai bidang...

Ragam

TELEVISI adalah salah satu media penyiaran yang sangat dibutuhkan oleh  masyarakat sampai saat ini. Pada awalnya televisi di Indonesia hanya TVRI, namun saat ini...

Ragam

MEDIA yang sangat bagus dan cocok untuk perkembangan dunia pendidikan adalah TV Sekolah. Karena dapat memberikan bimbingan berkala kepada para guru, siswa, dan masyarakat...